Senin, 05 Maret 2018

MKBL Part 1


A.     Hubungan Manusia dan Kontruksi Bangunan
a.      Manusia hidup dalam lingkungan alam asli
b.     Selain memberikan manfaat, lingkungan alam juga memberikan kendala atau bencana
c.      Bangunan berkaitan dengan kemajuan peradaban manusia
d.     Konstruksi merupakan proses hubungan antara dua jenis bahan atau lebih menjadi satu kesatuan yang utuh dan kokoh
e.    Bangunan adalah suatu benda yang dibangun untuk kepentingan manusia dengan tujuan tertentu serta dibatasi dengan biaya, waktu, lingkup dan mutu tertentu
f.   Konstruksi bangunan merupakan cara atau teknik mendirikan bangunan yang bertujuan untuk kepentingan manusia dengan memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya : kuat, awet, indah, fungsional dan ekonomis.

B.     Hubungan Lingkungan Buatan Dengan Alam Asli
Lingkungan buatan seperti jembatan dibangun untuk mengatasi kendala alam. Misalnya : jurang, sungai dan laut. Sehingga jalan tidak terputus dan kebutuhan manusia terpenuhi.

C.     Persyaratan Konstruksi
a.     Kuat, awet dan sederhana
b.    Fungsional
c.    Harus memperhatikan sifat dan karakteristik bahan yang digunakan
d.   Tahan terhadap gaya-gaya yang bekerja
e.    Indah, dalam arti bentuk bangunan nya indah dipandang.
f.      Hygienis
g.     Ekonomis: Tidak ada pemborosan biaya sehingga pembangunan efektif dan efisien.

D.     Macam-macam Batasan Kontruksi :
a.       Biaya
b.      Waktu
c.       Mutu (Bangunan, Lingkungan & Keamanan dan keselamatan kontruksi lingkungan)
d.      Lingkup pekerjaan

E.      Sumber Daya Kontruksi (6m+I+S+T):
a.      Material
b.     Man
c.     Money
d.    Machine
e.    Metode kerja
f.     Market
g.    Informasi
h.    Scope
i.      Time

F.      Jenis Kontruksi Berdasarkan Fungsinya
a.       Kontruksi pemukiman
b.  Kontruksi gedung. Misalnya : bangunan institusional, pendidikan, industry ringan, bangunan komersial, social dan tempet rekreasi
c.      Kontruksi rekayasa :
·         Kontruksi rekayasa berat : bendungan, perpipaan, transportasi selain jalan seperti jembatan, rel kereta api, transportasi air dan udara
·         Kontruksi rekayasa jalan
d.     Kontruksi industry

G.     Kontruksi Rekayasa Berat
a.       Tipe kontruksi ini meliputi :
·         Bendungan dan terowongan dapat mengendalikan banjir dan irigasi
·         Jembatan sederhana dan jembatan monumental
·         Bangunan tranportasi yang mencakup jaringan jalan rel kereta api, pelabuhan udara, jalan raya dan system transportasi cepat di perkotaan
·         Bangunan pelabuhan sampai dengan bangunan laut lepas seperti jalur perpipaan.
·         System penyaringan dan distribusi air minum, resapan air hujan, system penanganan dan pembuangan limbah, jaringan listrik dan jaringan komunikasi.
b.      Kontruksi ini memberikan kontribusi 20 sampai 25 %, namun menjadi terkenal karena rekayasanya
c.       Tahapan kontruksi nya padat modal, seperti peralatan pemindahan tanah mekanis, crane, truck, dengan sejumlah material kontruksi seperti, batu, baja, beton, kayu dan pipa   
  
H.     Bangunan Pelindung Pantai :
Bangunan pelindung pantai digunakan untuk melindungi pantai dari kerusakan akibat gelombang dan arus. Sesuai dengan fungsinya, bangunan pantai dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a.       Kontruksi yang dibangun sejajar dengan garis pantai, seperti :
Ø  Jetty
Ø  Groin
Ø  Seawall
Ø  Revetment
b.      Kontruksi yang dibangun dilepas pantai, seperti :
Ø  Breakwater
Ø  Bulk head
Ø  Terumbu buata
Ø  Tanjung buatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar