A. Hubungan Manusia dan Kontruksi Bangunan
a. Manusia hidup
dalam lingkungan alam asli
b. Selain
memberikan manfaat, lingkungan alam juga memberikan kendala atau bencana
c. Bangunan
berkaitan dengan kemajuan peradaban manusia
d. Konstruksi
merupakan proses hubungan antara dua jenis bahan atau lebih menjadi satu
kesatuan yang utuh dan kokoh
e. Bangunan adalah
suatu benda yang dibangun untuk kepentingan manusia dengan tujuan tertentu
serta dibatasi dengan biaya, waktu, lingkup dan mutu tertentu
f. Konstruksi
bangunan merupakan cara atau teknik mendirikan bangunan yang bertujuan untuk
kepentingan manusia dengan memenuhi persyaratan tertentu. Misalnya : kuat,
awet, indah, fungsional dan ekonomis.
B. Hubungan Lingkungan Buatan Dengan Alam Asli
Lingkungan buatan seperti jembatan dibangun untuk
mengatasi kendala alam. Misalnya : jurang, sungai dan laut. Sehingga jalan
tidak terputus dan kebutuhan manusia terpenuhi.
C. Persyaratan Konstruksi
a. Kuat, awet dan
sederhana
b. Fungsional
c. Harus
memperhatikan sifat dan karakteristik bahan yang digunakan
d. Tahan terhadap
gaya-gaya yang bekerja
e. Indah, dalam
arti bentuk bangunan nya indah dipandang.
f. Hygienis
g. Ekonomis: Tidak
ada pemborosan biaya sehingga pembangunan efektif dan efisien.
D. Macam-macam Batasan Kontruksi :
a.
Biaya
b.
Waktu
c.
Mutu (Bangunan,
Lingkungan & Keamanan dan keselamatan kontruksi lingkungan)
d.
Lingkup
pekerjaan
E. Sumber Daya Kontruksi (6m+I+S+T):
a. Material
b. Man
c. Money
d. Machine
e. Metode kerja
f. Market
g. Informasi
h. Scope
i. Time
F. Jenis Kontruksi Berdasarkan Fungsinya
a. Kontruksi
pemukiman
b. Kontruksi
gedung. Misalnya : bangunan institusional, pendidikan, industry ringan,
bangunan komersial, social dan tempet rekreasi
c. Kontruksi
rekayasa :
·
Kontruksi
rekayasa berat : bendungan, perpipaan, transportasi selain jalan seperti
jembatan, rel kereta api, transportasi air dan udara
·
Kontruksi
rekayasa jalan
d. Kontruksi
industry
G.
Kontruksi Rekayasa Berat
a.
Tipe kontruksi
ini meliputi :
·
Bendungan dan
terowongan dapat mengendalikan banjir dan irigasi
·
Jembatan
sederhana dan jembatan monumental
·
Bangunan tranportasi
yang mencakup jaringan jalan rel kereta api, pelabuhan udara, jalan raya dan
system transportasi cepat di perkotaan
·
Bangunan
pelabuhan sampai dengan bangunan laut lepas seperti jalur perpipaan.
·
System
penyaringan dan distribusi air minum, resapan air hujan, system penanganan dan
pembuangan limbah, jaringan listrik dan jaringan komunikasi.
b.
Kontruksi ini
memberikan kontribusi 20 sampai 25 %, namun menjadi terkenal karena rekayasanya
c.
Tahapan
kontruksi nya padat modal, seperti peralatan pemindahan tanah mekanis, crane,
truck, dengan sejumlah material kontruksi seperti, batu, baja, beton, kayu dan
pipa
H.
Bangunan
Pelindung Pantai :
Bangunan pelindung pantai digunakan untuk melindungi
pantai dari kerusakan akibat gelombang dan arus. Sesuai dengan fungsinya,
bangunan pantai dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a.
Kontruksi yang
dibangun sejajar dengan garis pantai, seperti :
Ø Jetty
Ø Groin
Ø Seawall
Ø Revetment
b.
Kontruksi yang
dibangun dilepas pantai, seperti :
Ø Breakwater
Ø Bulk head
Ø Terumbu buata
Ø Tanjung buatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar